Ian not what it once was, still could be a little troublesome for Virginia

Ian not what it once was, still could be a little troublesome for Virginia

Jurnalis cuaca Kevin Myatt akan mulai menulis kolom cuaca mingguan untuk Cardinal News pada pertengahan Oktober. Daftar ke buletin Cardinal Weather kami untuk menjadi yang pertama melihat kolom cuaca Kevin, atau berlangganan harian untuk melihat semua yang diterbitkan Cardinal News setiap pagi.

Badai Ian akan tersandung ke pedalaman menuju Virginia setelah pendaratan keduanya pada hari Jumat, dengan cepat berubah menjadi versi yang acak-acakan namun masih agak berbahaya dari bencana badai Kategori 4 yang pernah terjadi.

Sirkulasi sisa Ian, yang datang ke darat dengan angin 150 mph dan gelombang badai yang menelan rumah di Florida barat daya pada hari Rabu dan dijadwalkan untuk pendaratan kedua di South Carolina pada hari Jumat karena kemungkinan badai ujung bawah, akan membawa petak hujan , kadang-kadang deras, melintasi Virginia Jumat hingga Sabtu pagi, dengan periode hujan yang berkaitan dengan apa yang tersisa dari Ian terus berlanjut sepanjang akhir pekan dan mungkin hingga Selasa.

Peramal federal menyerukan 2 hingga 4 inci (hijau tua) di sebagian besar Virginia selama 5 hari ke depan, dengan sebagian besar hujan Jumat hingga Sabtu pagi. Beberapa bintik kuning menunjukkan ekspektasi 4 hingga 6 inci, sebagian besar di sepanjang Blue Ridge di selatan Roanoke. (KREDIT: NOAA)

Sebagian besar Southwest dan Southside Virginia cenderung melihat 2 sampai 4 inci hujan, dan beberapa tempat bisa melihat lebih banyak, terutama di sepanjang Blue Ridge dari Roanoke ke selatan, di mana komponen timur ke permukaan angin akan mengangkat dan mengembun kelembaban lebih efisien. Tampaknya, pada penulisan Kamis malam ini, sebagian besar hujan ini akan terjadi antara Jumat siang dan Sabtu siang di Southside dan Southwest Virginia.

Ada beberapa risiko banjir, terutama di mana saja jalur hujan yang lebih deras dapat berpindah ke lokasi yang sama berulang kali. Rincian lokal seperti itu tidak dapat diperkirakan sebelumnya di luar deteksi radar jangka pendek, jadi pantau pembaruan Layanan Cuaca Nasional dan siaran lokal dan media Internet untuk yang terbaru.

Episode banjir besar yang disebabkan oleh tropis yang meluas seperti Agnes pada tahun 1972, Juan pada tahun 1985, atau bahkan Michael pada tahun 2018 tampaknya tidak mungkin terjadi untuk persemakmuran.

Monitor Kekeringan AS baru hari Kamis menunjukkan sebagian besar Virginia tengah dan timur, merayap ke Southside, dalam kekeringan ringan hingga sedang menjelang hujan dari sisa-sisa Badai Ian. Daerah yang lebih jauh ke barat juga cukup kering selama beberapa minggu. Itu bisa membatasi banjir setidaknya sedikit dari hujan lebat Ian pada hari Sabtu. (KREDIT: Pusat Mitigasi Kekeringan Nasional)

Kami pergi ke Ian cukup kering. Faktanya, sebagian besar Virginia tengah dan timur, sejauh barat Lynchburg dan hampir ke Danville, dianggap berada dalam tingkat kekeringan ringan hingga sedang oleh Pemantau Kekeringan AS. Bahkan lebih jauh ke barat, meskipun bukan musim kemarau resmi, Roanoke hanya mengalami curah hujan 0,09 inci dalam 17 hari terakhir.

TIDAK benar bahwa banjir tidak pernah mengikuti kekeringan – sering terjadi, ketika hujan tiba-tiba dan deras. Tapi tanah kering memang membutuhkan sedikit curah hujan ekstra sebelum mereka jenuh. Putaran ini, dengan periode hujan ringan hingga sedang yang diselingi dengan badai yang lebih berat, yang dapat membuat perbedaan antara aliran yang naik dan yang membanjiri di banyak daerah.

Beberapa tempat di dekat ujung bawah total curah hujan bahkan mungkin menganggap Ian sebagai pembawa kelembapan yang bermanfaat.

Bahkan lebih dari batasan untuk Ian menjadi masalah besar di Virginia adalah pengaturan atmosfer, yang membuat penggemar hujan salju berharap itu Januari.

Aturan taman bermain atmosfer adalah bahwa sistem tekanan tinggi adalah pengganggu. Sistem bertekanan tinggi mendorong badai, bukan sebaliknya.

Tekanan tinggi yang kuat di Kanada menekan massa udara yang sejuk dan kering ke arah selatan untuk bertemu dengan Ian. Ini akan memakan setidaknya sebagian dari kelembaban awal Ian yang menyebar ke utara dan akan cenderung melemahkan sirkulasi Ian saat bergerak melawannya ke daratan.

Angin badai selalu melemah saat mendarat, karena badai dihilangkan dari sumber energi penguapan air laut yang hangat, tetapi beberapa pengaturan atmosfer memungkinkan angin badai diserap ke dalam sistem bertekanan rendah dan terbawa jauh ke pedalaman. Ini bukan salah satunya.

Angin tingkat badai tropis sedikit di atas 39 mph (yang berkelanjutan, bukan embusan angin) mungkin membuatnya sejauh ke pedalaman seperti Charlotte atau Greensboro – jauh dari apa yang dilakukan Hugo Kategori 4 di jalur yang sama pada tahun 1989, dengan kekuatan angin topan yang mendekati bahkan ke bagian dari Virginia Barat Daya.

Ian akan memompa banyak uap air laut yang hangat ke atas dan melewati kubah udara dingin yang didorong ke selatan, membelok ke pegunungan. Ini adalah bagian yang membuat penggemar musim dingin ngiler – pola serupa di bulan Januari dengan sistem tekanan rendah biasa akan menurunkan berton-ton salju di Virginia.

Tapi ketinggian yang besar itu juga tidak memungkinkan Ian untuk bergerak ke utara atau timur laut dengan cepat seperti yang dilakukan banyak sistem tropis setelah pendaratan Teluk Tenggara AS. Sebaliknya, pusat Ian akan melayang sedikit ke barat laut, mungkin ke barat, dengan arus kemudi yang lemah untuk membawanya ke mana pun. Sementara itu, sebagian besar massa kelembabannya akan bergeser ke utara dan timur.

Ian telah mendapatkan kembali kekuatan badai dengan kecepatan 75 mph Kamis malam dini hari, dengan jalur melengkung ke Carolina Selatan dan kemudian melemah ke pedalaman menuju Carolina Utara bagian barat dan Virginia Barat Daya. Ingat kerucut hanya menandai perkiraan pusat sirkulasi, dengan hujan lebat dan beberapa angin kencang menyebar lebih jauh ke utara dan timur. (KREDIT: Pusat Badai Nasional)

Ian pada dasarnya akan terpecah dengan sisa sirkulasi lemah yang berkeliaran di Appalachian beberapa hari lagi, memutar beberapa hujan terutama ke bagian barat negara bagian. Ada beberapa risiko badai yang lebih berat terbentuk di daerah-daerah lokal dengan hantu Ian yang berkelok-kelok ini hingga awal minggu depan, tetapi banjir yang meluas tampaknya tidak akan segera terjadi di Virginia.

Setiap sistem tropis yang mendarat membawa beberapa risiko berputarnya tornado, karena angin yang bergerak ke arah yang berbeda di atas menghasilkan geser yang menciptakan putaran. Kurangnya ketidakstabilan, dengan udara dingin yang dipompa ke selatan dari dataran tinggi ke utara, akan, bagaimanapun, membatasi potensi itu di Virginia.

Saat sirkulasi sisa melayang ke barat atau barat laut, mungkin ada beberapa risiko tornado ke timur dan timur laut dari pusat itu, di mana angin selatan yang lebih hangat mengikis sebagian massa udara yang lebih dingin ke utara atau membuat batas dengannya, dan mungkin membawa sedikit lebih berputar. Ini bisa menambah ke Southside tetapi tampaknya tidak terlalu berisiko tinggi saat ini.

Mungkin ada hembusan angin 40+ mph, terutama di puncak bukit dan dekat perbatasan Virginia-Carolina Utara, pada hari Jumat dan Sabtu dalam gradien tekanan antara tekanan udara rendah di pusat Ian dan tekanan tinggi di utara.

Tetapi angin kencang di atas akan sulit bercampur ke permukaan melalui irisan permukaan dingin yang ditekan dari utara, dan melemahnya daratan Ian akan mengurangi gradien angin permukaan dengan cukup cepat.

Jumat dan Sabtu tentu tidak akan terasa sangat “tropis” bahkan di tengah hujan yang disapu oleh badai yang lahir di Karibia – suhu akan tertahan di 50-an di sebagian besar lokasi di bawah payung Cardinal News.

Baik badai maupun hari-hari lembap yang dingin bukanlah hal asing bagi Virginia di musim gugur.

Author: Eugene Brown